Rabu, 03 Oktober 2018

Kebutuhan Pakan 1000 Ekor Lele Per Hari Hingga Panen

 Ilustrasi Lele

Kebutuhan pakan untuk 1000 ekor ikan lele dari pertama awal tebar hingga panen sanggup ditentukan dengan tepat. Jika anda melaksanakan hal ini, tentu laba yang didapatkan akan lebih maksimal. Karena derma pakan akan lebih efisien. Sehingga tidak membuang pakan yang artinya tidak membuang uang secara percuma.

Dengan menghitung kebutuhan pakan untuk 1000 ekor ikan lele. Anda sanggup menetapkan biaya yang diharapkan untuk memproduksi ikan lele hingga masa panen. Sehingga tidak merasa was-was terhadap modal yang sewaktu-waktu sanggup kurang.

Selain itu, dengan pemeberian pakan yang intensif akan menunjukkan hasil yang memuaskan. Secara intensif, derma pakan untuk ikan lele yaitu 3 kali dalam sehari. Untuk jadwalnya yaitu sebagai berikut :
  • Pagi pukul 08.00 - 09.00
  • Sore pukul 16.00 - 17.00
  • Malam pukul 20.00 - 22.00

Pemberian pakan menghindari waktu siang hari dikarenakan air kolam akan lebih panas dari biasanya. Jika tetap memaksakan, dikhawatirkan ikan lele akan stress. Jika sudah terjadi menyerupai ini justru bukan untung yang didapat dalam budidaya lele tapi malah menagalami kerugian.

Menghitung kebutuhan pakan lele ini sangat penting. Jangan alasannya yaitu menginginkan pertumbuhan yang cepat, derma pakan lele dilakukan hingga over. Kelebihan pakan pada kolam lele akan menciptakan kandungan oksigen di air semakin berkurang. Sehingga sangat tidak disarankan.

Jika hal ini hingga terjadi, akan mengakibatkan dua kerugian sekaligus. Yaitu pemborosan pakan yang tidak efisien. Dan yang kedua akan mengurangi tingkat oksigen terlarut, sehingga akan mengganggu proses pertumbuhan ikan lele itu sendiri.

Pakan pellet


Menghitung Kebutuhan Pakan Untuk 1000 Ekor Lele 

Cara mengitung kebutuhan pakan untuk 1000 ekor ikan lele tidaklah sulit. Anda sanggup memakai teknik Feeding. Yaitu menunjukkan pakan sesuai dengan bobot ikan itu sendiri.
Untuk contoh pakan pabrikan, anda sanggup memakai 2 - 3% dari bobot ikan lele.
Sementara untuk kebutuhan pakan alami ikan lele yaitu sebanyak 3 - 5% dari bobot ikan lele.

Tentu untuk derma pakan anda sanggup menyesuaikan jenis pakan dan ukuran yang akan di berikan. Sebagai tips jikalau ikan sudah mulai berumur kurang lebih 2 minggu. Tentu ukuran ikan sudah mulai tidak seragam.

Caranya anda sanggup menunjukkan pakan dengan kandungan protein 25% terlebih dahulu. Biasanya ikan yang sudah berukuran besar akan sangat rakus dan menyergap pakan pertama yang diberikan. Sehingga ikan lele yang mempunyai ukuran kecil tidak mendapat makanan.

Setelah ikan lele yang berukuran besar mulai terlihat kenyang. Berikan pakan pellet yang mempunyai kandungan protein sebesar 27%. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele yang berukuran kecil biar mempunyai ukuran yang seragam.

Cara Menghitung Kebutuhan Pakan Pellet Untuk 1000 Ekor Lele 

Caranya menghitung kebutuhan pakan ikan lele sangat mudah. Langkahnya sebagai berikut :
  1. Siapkan baskom berisi air dan timbangan
  2. Timbang baskom yang sudah di isi air, catat hasilnya
  3. Ambil sampel ikan lele berjumlah 10 ekor
  4. Masukan sampel ikan lele tersebut kedalam ember 
  5. Kurangi berat baskom yang sudah berisi ikan dengan baskom yang belum terisi ikan
  6. Bagi dengan jumlah sampel ikan
  7. Setelah itu kali 2% atau 3% 
  8. Hasilnya kalikan dengan jumlah ikan yang ada di kolam 

Contoh
"Ember berisi air tanpa ikan ditimbang dengan berat 1 kg. Setelah itu ditambahkan ikan lele sebanyak 10 ekor. Hasilnya menjadi 1,5 kg. Hasilnya ?"

Cara menghitung
  • 1,5 - 1 = 0,5 kg 
  • 0,5 kg / 10 ekor sampel = 0,05 kg (bobot per ekor ikan)
  • 0,05 kg * 3% = 0,0015 kg per ekor
  • Jadi kebutuhan pakan untuk 1000 ekor ikan lele (0,0015 kg * 1000 ekor = 1,5 kg per hari)

Sangat gampang bukan ?

Selain memakai pakan pellet atau pakan pabrikan. Pembudidaya ikan lele sanggup memakai pakan alternatif. Sehingga sanggup lebih menghemat pengeluaran untuk membeli pakan.

Pakan alternatif sanggup berupa gabungan dari aneka macam materi baku yang mempunyai kandungan lemak, perotein, karbohidrat, mineral, dan vitamin yang cukup untuk ikan lele.

Atau sanggup juga memakai pakan alternatif menyerupai keong mas, ikan rucah, ayam tiren, azola dan belatung. Namun dalam peberian pakan alternatif tetap harus anda kontrol. Jangan hingga menciptakan ikan lele tambah brutal atau kanibal.

Itulah kebutuhan pakan untuk 1000 ekor ikan lele. Silahkan terapkan pada kolam ikan lele yang sedang anda budidayakan.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon